Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Dianugerahi Gelar Adat La Mappawatang Daeng Malinta

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H. melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Sulsel, Rabu 5 Mei 2021 sore.

Pangdam XIV Hasanuddin didampingi isteri yang juga Ketua Persit Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin Indah Syafei.

Kehadiran Pangdam XIV Hasanuddin dan rombongan disambut secara adat Bupati Bone Bone Dr H. A Fahsar M. Padjalangi, M.Si, di Rujab Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, No.1 Watampone.

Hadir pula Danrem 141 Toddoppuli Brigjen TNI Djashar Djamil, S E., M.M., Forkopimda Bone dan lainnya.

Disambut secara adat dipayungi Teddung Pulaweng dengan Tarian Paduppa, osong, sertap pengalungan bunga kepada Pangdam XIV Hasanuddin dan Ketua Persit Chandra Kirana Daerah XIV Hasanuddin.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H. dianugerahi gelar adat oleh Dewan Adat Kabupaten Bone dengan gelar “La Mappawatang Daeng Malinta”.

Artinya sosok pemimpin pemberani yang tangguh lincah dan cekatan dalam memberikan perlindungan dan memulihkan keamanan ketenteraman serta ketenangan masyarakat di suatu wilayah.

Bupati Bone menuturkan kehadiran Pangdam XIV Hasanuddin merupakan suatu keberkahan bagi Kabupaten Bone.

“Suatu keberkahan karena hadirnya Bapak Panglima, keberkahan luar biasa karena bulan suci Ramadan, saya mengucapkan selamat datang, di kabupaten Bone di kota para menteri,” kata Bupati Bone.

Di depan Pangdam XIV Hasanuddin, Bupati Bone memperkenalkan Kabupaten Bone dahulu bekas Kerajaan Besar di Pulau Sulawesi.

“Kabupaten Bone dahulu bekas Kerajaan, ada tiga kerajan besar di Sulawesi, Luwu, Gowa, dan Bone dan tertua Kerajaan Luwu dan termuda Kerajaan Bone,” kata Bupati Bone.

” Bone juga kampung para menteri, hampir semua pelantikan presiden ada orang Bone menjadi menteri, mulai Jenderal Yusuf sampai saat ini,” tambahnya.

Sementara itu Pangdam XIV Hasanuddin merasa bangga dapat hadir di Bone dan dianugerahi gelar kehormatan dari Dewan Adat Bone.

“Suatu kehormatan begitu besar dengan diberikan gelar La Mappawatang Daeng Malinta, Ini kehormatan tidak terhingga bagi saya, mirip dengan semboyan hidup saya dunia mirip orang yang berani.

Kata dia, kunjungannya di Kabupaten Bone untuk memperkenalkan diri sebagai Pangdam XIV Hasanuddin yang baru diembannya selama satu bulan 4 hari.