Kapolda Sulsel Dianugerahi Gelar Adat Lasalipu Daeng Marakka

Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si. melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Selasa 6 April 2021.

Kapolda Sulsel didampingi Ketua PD Bhayangkari Sulsel Ibu Shanty Merdisyam, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol. E.Zulpan dan para PJU Polda Sulsel lainnya.

Kehadiran di Bumi Arung Palakka, Kapolda dan rombongan disambut secara adat oleh Bupati Bone Dr.H. A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si. bersama Forkopimda Bone di Rujab Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, Watampone.

Penyambutan secara adat seperti Teddung Pulaweng, Tarian Padduppa, osong, dan Pengalungan bunga kepada Kapoda Sulsel dan Ibu Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs.Merdisyam diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone dengan gelar “Lasalipu Daeng Marakka” yang artinya pemimpin yang mampu memberikan perlindungan keamanan, ketertiban masyarakat pemberani, bijaksana, cekatan dan lincah dalam mengambil tindakan.

Pemberian gelar adat itu ditandai dengan pemasangan sarung sutera, jas tutup adat Bone, songkok Recca dan Keris oleh Bupati Bone di Museum Arajange.

Kapolda Sulsel mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih atas amanah diberikan gelar kehormatan oleh Dewan Adat Bone.

“Suatu kehormatan besar bagi saya pribadi dan juga Polri karena mendapatkan suatu kepercayaan amanah dari kerajaan Bone melalui pemangku adatnya yang menganugerahkan gelar kehormatan,” kata Kapolda Sulsel

Kata dia, Kerajaan Bone yang merupakan kerajaan besar masa lampau kaya akan budaya di mana kearifan lokal masih sangat dijunjung tinggi.

“Sejarah Bone ini yang disampaikan tadi ini luar biasa dan budayanya bisa terus dilestarikan agar jangan sampai hilang oleh zaman, harus dijaga kearifan lokal sebagai bentuk kecintaan kita kepada budaya bangsa,” katanya.

Dia juga mendoakan Kabupaten Bone dapat berkembang dan semakin maju di masa mendatang.

“Kita berharap Bone semakin maju dengan usia ke-691 tahun dan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai, apalagi Bone ini memiliki sumber daya yang luar biasa dan kekerabatannya juga sangat besar semua ini sebagai modal utama pembangunan masyarakat,” kata mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini.

Sementara itu Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi,M.Si. mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sulsel telah meluangkan waktu berkunjung ke Bone menghadiri Hari Jadi Bone ke-691.

“Saya sangat berterima kasih kepada Kapolda Sulsel, Forkopimda Sulsel yang datang langsung ke Bone, ini menjadi kebanggaan kita semua dan menjadi spirit dalam membangun Bone,” kata Bupati Bone.

“Demikian pula kepada seluruh warga Bone yang berdomisili di luar, dalam setiap perayaan mereka senantiasa semua mendoakan tanah luhurnya Bone” kata Bupati Bone (AN).