Bappeda Bone Gelar Forum Konsultasi Publik, Perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bone menggelar Gelar Forum Konsultasi Publik, Perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023 di Hotel Novena Watampone, Kamis 19 November 2020.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Bone Bpk. Dr. H.A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si. didampingi Wakil Bupati Bone Bpk. Drs. H. Ambo Dalle, M.M.,

Dalam sambutannya, Bupati Bone menuturkan, bahwa perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023 tidak mengubah subtansi awal visi misi Bone Mabessa, yaitu Mandiri Berdaya Saing dan Sejahtera.

“Namun demikian, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, tentu kita harus melakukan rasionalisasi target sembari memformulasi program yang didisain untuk mempercepat pemulihan ekonomi Bone,” kata Bapak Bupati.

Sementara itu Kepala Bappeda Bone Dr. Ade Fariq Ashar, S. S.T.P., M.Si. menuturkan visi misi Bone Mabessa dalam perjalanannya dua tahun kepemimpinan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Bone sudah sebagian on the track.

Kendati demikian, kata dia review kembali dilakukan untuk sasaran yang sudah tercapai maupun belum tercapai.

Dalam kesempatan itu, Ade Fariq Ashar juga memaparkan sejumlah alasan Perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023.

“Sedikitnya ada lima alasan kenapa ada Perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023, pertamakarena bencana non alam, pandemi Covid yang membuat sejumlah anggaran dari pusat dipangkas,” kata Ade Fariq Ashar.

Kedua, kata Ade Fariq lantaran adanya krisis ekonomi yang melanda negara di tengah pandemi Covid 19.

“Krisis ekonomi membuat posisi pertumbuhan ekonomi minus 3,6 persen, di Bone. Masih di atas 5 persen rata-rata di atas provinsi dan nasional, data terakhir 7, 01 persen pertumbuhan,” jelasnya.

Selanjutnya, alasan ketiga perubahan kebijakan nasional refocusing anggaran, kemudian keempat, adalaj penyesuaian peraturan undang-undang yang terbaru, dan kelima penyesuaian RPJMD Kabupaten dengan RPJMD Provinsi Sulsel, harus searah.

Selain diikuti secara langsung, kegiatan Forum Konsultasi Publik Perubahan RPJMD Bone Periode 2018- 2023 tersebut juga berlangsung secara virtual, di mana masyarakat bisa menyaksikan langsung dan memberikan saran atas perubahan RPJMD tersebut.

Hadir dalam giat ini, Kepala OPD Bone, Camat se-Kabupaten Bone, tokoh pemuda, NGO, dan media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *