Bupati Lepas Rombongan Forum Anak Kabupaten Bone

Senin, 22 Juli 2019, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M. Padjalagi, M.Si. melepas rombongan Forum Anak Kabupaten Bone dalam rangka mengikuti Forum Anak Nasional.

Hari Anak Nasional 2019 dipusatkan di Makassar pada 23 Juli yang akan diikuti sebanyak 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 akan diadakan di Lapangan Karebosi, Makassar, dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.

Ada tiga rangkaian acara pada Hari Anak Nasional 2019, yaitu Forum Anak Nasional 2019, Puncak Peringatan Hari Anak 2019, dan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019.

Pertemuan Forum Anak Nasional 2019 mengambil tema “Satu Dekade Forum Anak Nasional: Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju”.

Harapan terhadap Forum Anak sangat tinggi agar anak Indonesia bisa menjadi 2P, yaitu pelopor dan pelapor.

Sebagai pelopor, anak harus bisa menemukan dan mengenali permasalahan yang dialami anak di wilayah mereka, kemudian apa yang bisa mereka lakukan. Sebagai pelapor, anak harus melaporkan bila ada pelanggaran-pelanggaran hak anak.

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2019 bertema “Peran Keluarga dalam Pelindungan Anak” dengan slogan “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira”.

Sedangkan “Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019” merupakan bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Pelindungan Anak yang menyebutkan upaya-upaya pelindungan anak merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.