Sosialisasi internet dan Pengenalan Jaringan Lingkup OPD Kabupaten Bone

Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menggelar Sosialisasi Pengenalan Jaringan Internet/Intranet Lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Tirta Kencana, Jalan Kajaolaliddong No. 63 Watampone, Kamis, 27 Juni 2019.

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari operator Internet/Intranet dan administrator Website masing-masing OPD Lingkup  Pemkab Bone.

Tujuan sosialisasi tersebut diharapkan seluruh peserta sosialisasi dapat memahami penggunaan dan pemanfaatan jaringan internet yang telah disalurkan ke masing-masing OPD.

Di mana infrastruktur jaringan intranet tersebut telah menjangkau sebanyak 38 OPD yang dibangun oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Bone.

Dengan ketersediaan jaringan ini memungkinkan seluruh OPD dapat mengakses internet serta menginput data masing-masing melalui aplikasi dan website tanpa kendala karena alasan keterbatasan jaringan.

Apabila terdapat kendala jaringan di masing-masing OPD yang sewaktu-waktu dapat terjadi, maka Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone telah menyiapkan tenaga teknis untuk mengantisipasinya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone Drs.Andi Amran, M.Si. dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh peserta dan narasumber.

“Saya juga mengapresiasi adik-adik dari Bidang Teknologi Informasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini” ucapnya.

” Kami dari Kominfo hanya memfasilitasi infrastruktur jaringan bekerja sama dengan para stakeholder dan penyedia lainnya. Apabila OPD ingin membangun aplikasi yang dibutuhkan bisa bekerja sama dengan pihak lain, namun tetap melalui verifikasi dan asesment dari Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone” tutur Andi Amran.

Keberadaan Internet/intranet bukan tujuan akhir, melainkan bagaimana kita khususnya selaku pemerintahan memanfaatkannya untuk pelayanan cepat kepada masyarakat

Dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, aplikasi dan website sangat penting. Ia mencontohkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti rumah sakit perlu ketersedian informasi melalui aplikasi ataupun website.

Sehingga masyarakat khususnya pasien tidak lagi bersusah payah menunggu nomor antrean apalagi dalam kondisi sedang sakit yang tidak bisa duduk berlama-lama.

“Jadi hanya melihat nomor antrean di aplikasi, pasien dapat menyesuaikan waktunya sehingga tidak lagi capek menunggu di tempat antrean” jelas Andi Amran.

“Dalam hal pelayanan ini terkait dengan salah satu Misi Bapak Bupati Bone, yaitu meningkatkan akses, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya” Jelasnya.

Sementara narasumber Pak Asri dari PT. Indosat mengatakan, Kabupaten Bone menjadi salah satu kabupaten/kota yang telah mengintegrasikan 38 OPD dan Area Public dengan menggunakan Backbone Jaringan Fiber Optic secara mandiri, di mana merupakan salah satu bentuk aksi KPK dalam pengembangan infarastruktur jaringan intranet dan internet di kabupatebln kota.

“Ini merupakan hal yang luar biasa dan kebanggaan tersendiri dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bone dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kab. Bone” tuturnya

Lanjutnya, dari sisi keterbukaan informasi publik Bone juga tidak bisa dipandang sebelah mata, ia bahkan salah satu yang terbaik di Sulawesi Selatan saat ini. Di mana semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses website dan aplikasi yang lebih muda dan transparan.

Sosialisasi mengangkat tema ” Meningkatkan SDM IT Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Menuju Masyarakat Bone Mandiri Berdaya saing dan Sejahtera.

Kegiatan sosialisasi menghadirkan narasumber Bpk. Yasri,S.Kom. serta Bpk. H.Taharuddin, S.E. masing-masing perwakilan PT.Indosat dan rekanan PT. Telkom Indonesia. Keduanya merupakan tenaga teknis infrastruktur dan jaringan bekerja sama Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone.

Sebagai informasi untuk kegiatan selanjutnya pihak Kominfo dan Persandian Kab.Bone akan mengundang seluruh operator kecamatan dan kelurahan untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) terkait tata cara penginputan data pada Portal Kecamatan Kabupaten Bone yaitu https://portal.bone.go.id

Acara sosialisasi yang berjalan sukses ini diawali Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia, Laporan Panitia Pelaksana, Pemberian Materi dari Narasumber, Tanya Jawab, Pembacaan Doa, dan Penutup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *