Roadshow Kesiapan Sumber Daya Pertahanan Perkuat Jiwa Nasionalisme

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. menghadiri Roadshow kesiapan Sumber Daya Pertahanan dilaksanakan di Gedung PKK Watampone, Selasa 9 April 2018.

Roadshow dengan narasumber Direktur Komponen Cadangan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (pothan) Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal TNI Untung Waluyo, Anggota Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan Keamanan Andi Rio Padjalangi, S.H., M.Kn., Kaban Kesbangpol Bone Dray Vebrianto, S.I.P, M.Si.,

Dengan moderator Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Islam IAIN Bone Dr. Andi Sugirman, S.H., M.H. sementara peserta dari unsur Anggota TNI, Polri, masyarakat serta peserta lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk pemahaman substansi Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara

Wakil Bupati Bone dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini dan mengatakan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme bukan hal yang mudah dilakukan di tengah keragaman budaya, agama, adat istiadat, ras dan lainnya.

” Disinilah perlunya kembali menyadarkan akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara, karena itu kegiatan roadshow ini salah satu  cara kita dalam menjaga keutuhan wilayah dan persatuan seluruh rakyat Indonesia hingga saat ini”.

Narasumber Brigjend TNI Untung Waluyo menegaskan, bahwa subtansi pengelolaan sumber daya nasional meliputi konsep sumber daya nasional, bela negara, komponen pendukung, komponen cadangan dan mobilisasi serta demobilisasi melalui kajian aspek politik dan hukum.

Dijelaskan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan Kementerian Pertahanan di antaranya kegiatan sosialisasi baik melalui media cetak, elektronik dan sosialisasi ke beberapa daerah hampir seluruh provinsi di Indonesia kepada organisasi masyarakat, lingkungan akademisi, ASN, TNI, POLRI, pondok pesantren, pegawai swasta dan BUMN.

“Selain itu melakukan kegiatan Focus Group Discussion(FGD) dengan bekerja sama Komisi I DPR RI yang membidangi Pertahanan keamanan seperti kegiatan hari ini” tuturnya.

Sementara Anggota Komisi I DPR RI Bidang Pertahanan Keamanan Andi Rio Padjalangi, S.H., M.Kn., memaparkan, bahwa semangat bangsa untuk menjaga keutuhan adalah tugas bersama seluruh rakyat, menjadi kewajiban seluruh komponen bangsa.

” Oleh karena itu lanjutnya, kami sebagai wakil rskyat tentu berkewajiban menjadi narahubung antara rakyat dan pemerintah termasuk menumbuhkan semangat nasionalisme demi keutuhan NKRI ” tutupnya.