Forkopimda Ziarahi Sejumlah Makam Raja-raja Bone

Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. bersama Forkopimda Kabupaten Bone ziarah ke beberapa situs dan makam raja/ratu Bone yang ada di wilayah kabupaten Bone, pada Rabu 3 Maret 2019.

Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Ke-689 Bone Tahun 2019.

Bupati Bone mengatakan, tujuan ziarah kita lakukan untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan Bone atas baktinya terhadap eksistensi Tanah Bone di masa lalu” tuturnya.

Lanjut Bapak Bupati mengatakan,” ini juga mengingatkan kepada kita semua, bahwa Bone tercinta ini tidak berdiri begitu saja, namun terbangun melalui perjalanan yang panjang di mana para pendahulu membangun daerah ini dengan perjuangan berdarah-darah”

“Memang sejarah tak perlu kita ingat terus melainkan mengenangkannya lalu kita ambil nilai dan semangatnya sebagai pembelajaran dalam rangka membangun daerah Bone yang lebih baik, yakni Bone yang Mabessa Mandiri, Berdaya saing, dan Sejahtera” tutupnya.

Selain itu para peziarah mendoakan semoga arwah para kusuma Tanah Bone itu diterima dan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

Berikut Situs dan makam yang dikunjungi, yaitu :

1. Situs Manurungnge ri Matajang Jln Manurungnge Watampone
2. Makam Raja Bone Ke-2 La Ummasa Petta Panre Bessie, Jln. Jend. Ahmad Yani Watampone
3. Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone
4. Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jln. Sungai Citarum Watampone
5. Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng, di Kompleks Permakaman Kalokkoe Bukaka Jln. Cempalagi Watampone
6. Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung, di Kompleks Permakaman Kalokkoe Bukaka Jln. Cempalagi Watampone.
7.Makam Abdul Hamid Baso Pagilingi Petta Ponggawae Panglima Perang Bone, di Kompleks Makam Petta Ponggawae, di Desa Matuju Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
8. Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa, di Kompleks Makam Petta Ponggawae, di Desa Matuju Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone
9. Makam Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka, di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.

Giat ziarah ke makam raja-raja ini juga dihadiri sejumlah pimpinan OPD lingkungan pemerintah kabupaten Bone, Tokoh Masyarakat dan pemuda.

Sebelumnya Forkopimda Kabupaten Bone telah mengunjungi makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka Sultan Saaduddin yang terletak di Kabupaten Gowa dan Makam Raja Bone Ke-11 La Tenriruwa Sultan Adam yang terletak di Kabupaten Bantaeng, Makam Sultan Hasanuddin, La Mappanyukki Raja Bone ke 32, Makam A.Pangeran Petta Rani dan Makam Jenderal M.Yusuf di Panaikan.