Bupati Bone Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 ke BPK

Bupati Bone Bpk.Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. menghadiri penyerahan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan RI Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis 21 Maret 2019.

Status laporan keuangan biasanya terdiri dari 2 kondisi, yaitu laporan keuangan yang telah di audit yang disebut “audited” dan laporan keuangan yang belum di audit yang disebut “unaudited”.

Kegiatan ini dihadiri 7 Bupati/Walikota se-Sulawesi Selatan, di antaranya Bupati Bone, Walikota Parepare, Bupati Bulukumba, Bupati Sinjai, Bupati Luwu, Bupati Gowa, dan Bupati Soppeng.

Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Bone Tahun Anggaran 2018 tersebut diserahkan langsung Bupati Bone diterima Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Bpk. Wahyu Priyono.

Hal tersebut di atas untuk memenuhi ketentuan Pasal 56 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara yang menyebutkan bahwa Laporan Keuangan disampaikan Gubernur/Bupati/Walikota kepada Badan Pemeriksa Keuangan paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan Wahyu Priyono mengatakan, bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006, BPK akan melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Dengan memperhatikan 4 (empat) Kriteria yaitu: (1) Kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP); (2) Kecukupan informasi laporan keuangan; (3) Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan; dan (4) Efektivitas sistem pengendalian intern.

Lanjutnya, berdasarkan kriteria tersebut, opini atas laporan keuangan yang diberikan oleh BPK terdiri atas 4 (empat) jenis opini, yaitu : (1) Opini Wajar Tanpa Pengecualian; (2) Opini Wajar Dengan Pengecualian; (3) Opini Tidak Wajar; dan (4)  Opini  Menolak Memberikan Opini atau Tidak Memberikan Pendapat.

Turut hadir mendampingi Bupati Bone yaitu Ketua DPRD Bone, Drs.Akbar Yahya,M.M., Sekda Bone H.A.Surya Darma,S.E.,M.Si., Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone Drs.A.Fajaruddin,M.M.