Persiapan Verifikasi Lapangan Program Kab/Kota Sehat Tahun 2019

145

Kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Bone

Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Program Kabupaten Kota Sehat Tahun 2019 tanggal 9 Januari 2019,maka diharapkan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah dan Para Camat menindaklanjuti beberapa aspek yang perlu diperbaiki/dipersiapkan, karena Tim Verifikasi Provinsi akan melaksanakan verifikasi lapangan di Kabupaten Bone Tanggal 16-17 Januari 2019.

Adapun beberapa aspek yang perlu diintevensi secepatnya adalah:

  1. Kepala Dinas Pariwisata perlu mempersiapkan lokus wisata sehat Goa Mampu sesuai kriteria yang dipersyaratkan oleh Pemerintah Pusat dan perlu berkoordinasi dengan Dinas PU dan Penataan Ruang untuk perbaikan akses jalan menuju lokus wisata, berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk penanganan cendera mata , Satpol PP untuk keamanan, Dinas Kesehatan untuk Pos kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk siaga bencana, Serta koordinasi dengan Camat Dua Boccoe, dan Kepala Desa Cabbeng untuk penguatan pokja desa sehat serta kebersihan lingkungan di sekitar lokus wisata.
  2. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) perlu mengambil langkah strategis penanganan sampah di wilayah perkotaan dan perlu berkoordinasi dengan camat di wilayah kota. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah perlu melakukan pembenahan lanjutan keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Passippo.
  3. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) perlu mempersiapkan lokus pasar sehat yaitu Pasar Paccing Kecamatan Awangpone. Oleh karena itu perlu melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Camat Awangpone dan Kepala Desa Paccing. Penguatan Pokja Pasar perlu dikoordinir kembali oleh Bapenda.
  4. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman perlu mewujudkan penataan kawasan perumahan dan permukiman yang sehat terutama di wilayah perkotaan. Olehnya itu, perlu melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD)
  5. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa perlu mengawal dokumen RKPDesa dan APBDesa Tahun 2019 telah mengintegrasikan Program Kabupaten /Kota Sehat.
  6. Kepala Dinas Pendidikan / Kemenag perlu mengawal terciptanya sekolah/madrasah sehat.
  7. Kepala Dinas Kesehatan yang harus diantisipasi adalah cakupan Desa ODF (Open Defecation Free), minimal diatas 95% akhir Tahun 2019.
  8. Satpol PP perlu memgoptimalkan penertiban hewan ternak yang berkeliaran di wilayah perkotaan dan gelandangan/pengemis jalanan.
  9. Kepala Dinas Sosial perlu mengantisipasi penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODG), anak jalanan,dan pengemis.

Untuk mewujudkan terciptanya kawasan industri dan perkantoran sehat diperintahkan kepada seluruh pimpinan perangkat
daerah dan camat untuk melakukan antisipasi antara lain:

1. Melakukan pembersihan dan pembenahan lingkungan kantor, yaitu pojok rokok,tempat sampah yang terpilah,taman, penghijauan dan MCK.
2. Para camat melakukan pembersihan dan pembenahan lingkungan di kantor dan sekretariat forum komunikasi kecamatan sehat.

Diharapkan camat menindaklanjuti surat ini untuk diteruskan ke masing-masing kepala desa/lurah untuk pembenahan sekretariat pokja desa/kelurahan sehat termasuk kebersihan lingkungan perumahan.

Demikian kami sampaikan,atas kesediaannya diucapkan terima kasih.

Wakil Bupati Bone
Selaku Penanggung Jawab Tim Teknis
KKS Kabupaten Bone,

ttd.

DRS. H. AMBO DALLE,M.M.