BPN Kabupaten Bone Serahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL)

220

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bone menyerahkan sertifikat Badan Milik Daerah (BMD) dan juga sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) kepada UKM, Nelayan dan masyarakat yang dipusatkan di Desa Corawali Kecamatan Barebbo, Senin, 14 Januari 2019.

Kegiatan yang dikemas dalam tema “BPN Bone Berkobar (Bekerja Kompak Bersama), Sukseskan PTSL dan Tertib Administrasi Pertanahan dan Aset Pemda Kabupaten Bone Melalui Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) Menuju Bone Satu Peta”.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kakanwil BPN Provinsi Sulawesi Dr.H. Dadang Suhendi, S.H., M.H., Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. dan Kepala BPN Kabupaten Bone, Bustam, S.H.,M.H. beserta Forkopimda dan Forkopimcam se-Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, Kakanwil BPN Sulsel, H Dadang mengatakan Bone terbesar dalam PTSL se-Sulawesi Selatan.” Bone terbesar baik dalam program maupun penyelesaian. Untuk 2018 saja mencapai 10.000 sertifikat dan tahun 2019 ini sebanyak 14.500 sertifikat” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menegaskan agar petugasnya atau siapapun tidak mencoba-coba merekayasa hak kepemilikan tanah yang diukur dan sudah disertifikatkan.

Sementara Bupati Bone Dr.H.A Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si.menegaskan pihaknya telah menetapkan Perbup mengenai biaya patok pengukuran tanah. “Dengan Perbup ini, maka tidak ada lagi sebutan pungli kepada kades karena biayanya sudah ditetapkan” tegasnya.

Sementara Kepala BPN Bone, Bustam, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan sebanyak 14.500 sertifikat tahun ini tersebar pada empat kecamatan dengan 14 desa dan kelurahan.

“Dari 14 desa dan kelurahan, terdapat empat desa yang akan kami rampungkan administrasi pertanahannya, yakni Desa Awang Tangka, Corawali, Kadai dan Pude” jelasnya.

Ia juga menambahkan jika Gemapatas tidak hanya pada aset masyarakat tapi juga aset BUMN, BUMD, dan Pemda.

“Kami targetkan Oktober nanti bisa kami rampungkan dan sertifikat yang dipegang masyarakat bisa digunakan untuk peningkatan kesejahteraan” tuturnya.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat Barang Milik Daerah (BMD)dalam hal ini aset pemerintah Kabupaten Bone yang diserahkan secara simbolis sebanyak 22 bidang. Terdiri dari, Sekolah Dasar 3 bidang, Pasar 11 bidang, SD Inpres 4 bidang, Taman Makan Pahlawan 1 bidang, Puskesmas 1 bidang, Gedung Farmasi 1 bidang, dan SMP Negeri 1 Watampone 1 bidang.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kakanwil BPN prov. Sulawesi selatan Dr.H. Dadang suhendi, S.H., M.H. yang didampingi Kepala Kantor BPN Kabupaten Bone, Bustam, S.H., M.H. kepada Bupati Bone Bpk.Dr.H.A Fahsar M.Padjalngi, M.Si.

Akhir acara dilakukan Pemasangan dan Pematokan Tanda Batas oleh Bupati Bone bersama Kakanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan.

Turut hadir dalam acara ini, di antaranya Kakanwil BPN Provinsi Sulsel, Ketua DPRD Bone, Kajari Bone, Forkopimda Bone, para kepala kantor pertanahan wilayah Bosowasi, Camat, dan Kepala Desa.