Minuman Jahe Produksi Desa Tunreng Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone

Inovasi Desa program penanaman tanaman herbal disetiap rumah masyarakat Desa Tunrung Tellue berbuah Jahe merah. jahe tersebut lalu diolah menjadi serbuk dan dikemas menjadi minuman Jahe Instant.

Karya kelompok Ibu-ibu Desa Tunrung Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone ini mendapat dukungan dari Bumdes setempat dengan bantuan modal sekaligus menjadi market produk Minuman Jahe Instan Joss.

Tak hanya harum dan menyegarkan, minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Misalnya ketika kita terserang batuk. Minuman jahe atau teh jahe dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Minuman jahe juga digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah pada perut, contohnya untuk mencegah atau menghentikan mual. Ahli kesehatan percaya semua itu berkat komponen aktif dalam jahe seperti minyak volatile dan senyawa fenol gingerol.

Selain itu, digunakan untuk mengatasi mual akibat mabuk perjalanan, minuman jahe juga diduga efektif mengurangi mual dan muntah di pagi hari pada ibu hamil, mual yang disebabkan oleh obat untuk penyakit HIV/AIDS, mual dan muntah selama 24 jam pertama setelah operasi, dan mengurangi gejala pusing atau vertigo.

Sumber : Dinas Perindustrian Kab.Bone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *