Bupati Bone Paparkan Visi dan Misi

Bupati dan Wakil Bupati Bone Periode 2018-2023 Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. dan Drs.H.Ambo Dalle,M.M.menyampaikan pidato terkait Visi dan Misi dalam rapat paripurna DPRD Bone di gedung paripurna DPRD Bone, Senin 1 Oktober 2018

Rapat paripurna dibuka oleh ketua DPRD Bone, Drs.A.Akbar Yahya,M.M. dan dihadiri unsur forkopimda Bone, Kepala SKPD, Camat, para ketua parpol, Pimpinan perguruan tinggi dan perbankan serta kalangan media Massa.

Ketua DPRD Bone mengawali sambutannya dengan mengucapkan duka mendalam atas bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala provinsi Sulawesi Tengah.

Andi Akbar Yahya mengatakan, penyampaian visi-misi merupakan agenda strategis untuk memberikan gambaran program bupati dan wakil bupati pada pemerintahan lima tahun ke depan. Selain itu, Visi dan Misi bupati juga menjadi acuan dalam penyusunan perda untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun ke depan.

Sementara Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. memaparkan visi dan misi serta program-program andalan yang akan dilakukan untuk 5 tahun ke depan.

VISI

MASYARAKAT BONE YANG MANDIRI, BERDAYA SAING, DAN SEJAHTERA

Adapun penjelasan Visi tersebut, yaitu:

MANDIRI: kemampuan nyata pemerintah daerah dan masyarakatnya dalam mengatur dan mengurus kepentingan daerah/rumah tangganya sendiri menurut prakarsa dan aspirasi masyarakatnya, termasuk di dalamnya upaya yang sungguh-sungguh secara bertahap mampu mengurangi ketergantungan terhadap pihak-pihak lain namun tetap melakukan kerja sama dengan daerah-daerah lain yang saling menguntungkan.

BERDAYA SAING: mengandung makna terwujudnya kemampuan masyarakat Kabupaten Bone untuk memanfaatkan keunggulan inovasi, komparatif dan kompetitif yang berbasis sumber daya lokal dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sehingga mampu bersaing secara regional, nasional bahkan internasional.

SEJAHTERA: mengandung makna semakin meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar yang berkelanjutan dalam aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, politik, sosial budaya, lingkungan hidup yang dilingkupi dengan suasana kehidupan yang religius, aman dan kondusif serta didukung infrastruktrur dan tata kelola pemerintahan yang baik.

MISI

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkan misi sebagai berikut:

1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) melalui reformasi birokrasi serta pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan kearifan budaya lokal.
2. Mengembangkan kemandirian ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya daerah, pemberdayaan pelaku ekonomi dan kelestarian lingkungan.
3. Meningkatkan akses, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya.
4. Mengotimalkan akselerasi pembangunan daerah berbasis desa dan kawasan perdesaan.
5. Mendorong penciptaan iklim investasi yang kondusif untuk pengembangan usaha.
6. Mengembangkan seni dan budaya dalam kemajemukan masyarakat.
7. Meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui akselerasi program pengentasan kemiskinan, perluasan kesempatan kerja dan pengembangan program pembangunan yang tepat sasaran dan berkelanjutan.
8. Menguatkan budaya politik dan hukum yang demokratis.
9. Mengembangkan Inovasi Daerah dalam peningkatan Pelayanan Publik

PROGRAM UNGGULAN

MANDIRI
1. Program peningkatan pemerataan dan kualitas derajat kesehatan masyarakat melalui penyediaan sarana dan prasarana kesehatan
2. Program peningkatan kualitas dan pemerataan tenaga medis dan paramedis
3. Penerapan inovasi dibidang kesehatan berbasis kearifan lokal
4. Program peningkatan dan pemerataan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan kualitas dan pemerataan tenaga pendidik
5. Penerapan inovasi dibidang pendidikan berbasis kearifan lokal
6. Program pembinaan dan pemberdayaan perempuan dan anak serta masyarakat penyandang disabilitas
7. Program pengentasan kemiskinan by name by address

BERDAYA SAING
1. Program penerapan E-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan
Pembangunan dan Pemanfaatan Pusat Layanan Keselamatan Terpadu (Savety Center)
2. Program pewilayahan komoditas unggulan sumber daya alam berbasis desa/kelurahan
3. Program Menjadikan Bone sebagai Pusat Kebudayaan Bugis di Indonesia
4. Program pengembangan infrastruktur wilayah kecamatan luar kota (membangun desa menata kota)
5. Program layanan data terpusat untuk pengembangan potensi dan kemudahan peluang investasi (Potential Region Dashboard)
6. Program peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan sumber daya alam

SEJAHTERA
1. Penguatan jaringan ekonomi desa dengan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa
2. Pembangunan pusat ekonomi kawasan kecamatan dan peningkatan bantuan modal usaha bagi industri dan UKMK.
3. Program pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan
4. Program pengembangan kehidupan beragama dan pemberian insentif Imam Mesjid dan Guru Mengaji
5. Ekstensifikasi dan intensifikasi pemanfaatan lahan pertanian serta pemanfaatan teknologi dalam peningkatan produksi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan
6. Program pelatihan calon tenaga kerja berbasis desa/kelurahan serta fasilitasi penempatan dan pembinaan tenaga kerja
7. Program bantuan hukum untuk masyarakat miskin

Demikian pemaparan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. dan Drs.H.Ambo Dalle,M.M.Periode 2018-2023 daam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone, pada Senin 1 Oktober 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *