Kejar Swasti Saba Wistara, Bupati Perintahkan Lurah Bentuk Duta Kebersihan

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone untuk meraih penghargaan tertinggi sebagai kabupaten sehat. Setelah sebelumnya di tahun 2015 meraih penghargaan Swasti Saba Padapa (pemantapan) kemudian ditahun 2017 meraih Swasti Saba Wiwerda (pembinaan). Maka selanjutnya di tahun 2019 mendatang Pemerintah Kabupaten Bone menargetkan meraih penghargaan tertinggi ketegori kabupaten sehat yakni Swasti Saba Wistara (Pengembangan).

Untuk meraih target itu, salah satu upaya yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone, yakni membentuk duta kebersihan disetiap kelurahan terutama di tiga kecamatan kota (Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, dan Tanete Riattang Barat).

” Saya perintahkan kepada seluruh lurah utamanya di lingkup tiga kecamatan kota untuk membentuk duta kebersihan di tiap-tiap lingkungan di kelurahan masing-masing ” Ujar PjS Bupati Bone Ir. H.Andi Bakti Haruni, C.E.S.

Hal tersebut disampaikan Pjs Bupati Bone saat membuka rapat pemantapan Forum Koordinasi Kabupaten Sehat (FKBS) Kabupaten Bone dengan Forum Koordinasi Kecamatan Sehat (FKKS) se-Kabupaten Bone di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone , Senin 12 Maret 2018.

Menurut PjS Bupati Bone, dengan terbentuknya Duta Kebersihan serta terciptanya sinergitas pemerintah, masyarakat, dan stakeholder merupakan salah satu strategi yang diyakini akan memberikan efek besar untuk meraih penghargaan tertinggi tersebut.

Selain itu, kerja sama yang baik antara FKBS, FKKS dan Pokja Kelurahan/Desa dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat di seluruh wilayah kabupaten Bone akan memberikan dampak terciptanya individu-individu sehat maupun lingkungan yang sehat.

Lanjut H.A.Bakti Haruni mengatakan, untuk meraih penghargaan maupun mempertahankannya dibutuhkan sistem yang dibangun secara sistematis dan berkesinambungan.

” Untuk meraih prestasi, jangan bertumpu pada figur atau stimulan karena tidak akan bertahan dan membutuhkan biaya yang mahal, tapi bangunlah sistem yang berkesinambungan dan sistematis disertai komitmen yang tinggi yang pada akhirnya akan menciptakan prestasi dan mudah untuk mempertahankannya” Jelasnya.

Diakhir sambutannya, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan tersebut kepada peserta rapat memberikan kata-kata bijak.

” Apapun peran dan fungsi kita, lakukanlah dengan sungguh-sungguh, Insya Allah maka dunia akan tersenyum bahagia melihat kita” Kuncinya.

Rapat koordinasi ini dilakukan untuk memantapkan Rencana Kerja  2018-2019 Forum Kabupaten Bone Sehat (FKBS) dengan Forum Koordinasi Kecamatan Sehat (FKKS) yang dihadiri pimpinan SKPD terkait, Camat, dan Lurah.

Baca Juga : Pengertian Kabupaten / Kota Sehat

Lihat Juga : Dokumen Penyelenggaraan Kabupaten Bone Sehat

(Sumber : ppid.bone.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *