Tim Verifikasi Nasional KKS Tiba di Kabupaten Bone

Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2017 tiba di Kabupaten Bone. Tim disambut oleh Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M. di Lapangan Kelurahan Tanabatue, Kecamatan Libureng, pada Selasa 3 Oktober 2017.

Turut hadir menyambut diantaranya Kadis Kesehatan Kabupaten Bone (Hj.Andi Kasma Padjalangi M.Kes.), Kepala Bappeda Bone (Drs.H.Abu Bakar,M.M.), Anggota DPRD Bone (Saifullah Latif), Ketua Forum Kabupaten Bone Sehat, Forum Kecamatan Sehat, Forum Desa/kelurahan Sehat, Forkopimcam, Sejumlah Pejabat SKPD, Camat se-Kabupaten Bone, Tokoh Masyarakat, dan Warga Setempat.

Tim verifikasi Nasional dan Provinsi hadir di Bone untuk menilai serta melakukan pemantauan langsung pada lokus/titik lokasi yang sudah dipersiapkan masing-masing kecamatan. Beberapa Lokasi yang dikunjungi dipilih sendiri oleh Tim Verifikasi. Tim melakukan penilaian  di Kabupaten Bone selama dua hari, yaitu 3-4 Oktober 2017

Menurut ketua Forum Kabupaten Bone Sehat (FKBS) Ibu Andi Asia Pananrangi, Tim Verifikasi dari pusat dipimpin Ibu Endang dan Ibu Ifke sedang dari provinsi diwakili Bapak Enos dan Ibu Yanti.

Lanjutnya Andi Asia Pananrangi, “Ada beberapa titik penilaian yang akan di kunjungi Tim Verifikasi diantaranya, pokja Desa Sehat Poleonro, Daerah Go Green, dan Kelompok Pengguna Air, ” jelasnya.

Selain itu, beberapa locus di kecamatan lainnya, diantaranya Pokja Palette (TR.Timur), Poka Libureng, Pokja Pinceng Pute (Ajangale), Pokja Mallari (Awang Pone), Pokja Kadai (Mare), Pokja Tanete Harapan (Cina).

Menurut informasi dari Forum Kabupaten Bone Sehat Ibu Hj.Samsidar, bahwa Tahun 2017 ini sebanyak 24 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang lolos verifikasi bedah dokumen KKS salah satunya adalah Kabupaten Bone.

“Oleh karena itu, Hari ini tim Verifikasi tiba di Bone untuk menilai dengan melakukan pemantauan langsung pada titik/locus guna membuktikan sesuai yang tertera secara administarsi dalam bentuk dokumentasi sebelumnya” jelasnya.

Tahun 2015 lalu Bone meraih SWASTI SABA PADAPA (pemantapan). Untuk tahun 2017 Pemkab Bone menargetkan Sawasti Saba Wiwerda (pembinaan). Insya Allah, tahun 2017 ini kita optimis meraih SWASTI SABA WIWERDA, kita tunggu hasilnya setelah tim dari pusat melakukan kunjungan lapangan,”.

Penilaian KKS dilaksanakan dua tahun sekali, dengan kategori penilaian yaitu Tingkatan pertama (terendah) Swasti Saba Padapa, tingkatan kedua (menengah) Swasti Saba Wiwerda, dan tingkatan ketiga (tertinggi) Swasti Saba Istara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *