Bupati Bone Serahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Sebesar 3 Milyar Rupiah

Pemerintah Kabupaten Bone menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Tellu Siattinge, Senin 19 Juni 2017. Batuan stimulan perumahan swadaya tersebut ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang memiliki rumah tidak layak huni.

Bantuan yang bersumber dari APBN 2017 sebesar Rp 3 M (tiga milyar) itu disalurkan untuk tiga desa di wilayah Kecamatan Tellu Siattinge, yakni Desa Lamuru, Desa Waji, Desa Mattoanging, serta Desa Welado di Kecamatan Ajangale.

Adapun jumlah penerima mamfaat pada program BSPS di Kabupaten Bone tahun 2017 adalah 225 KK atau sebanyak 850 jiwa dengan rincian sebagai berikut :
1. Desa Lamuru, jumlah penerima bantuan sebanyak 90 KK dengan rincian 60 rumah rusak berat dan 30 rusak sedang dengan anggaran 1,2 Milyar rupiah;
2. Desa Waji, jumlah penerima bantuan sebanyak 48 KK dengan rincian 24 rumah rusak berat dan 24 rusak sedang dengan anggaran Rp 600.000.000,- (enam ratus juta rupiah);
3. Desa Mattoanging, jumlah penerima bantuan sebanyak 47 KK dengan rincian 26 rumah rusak berat dan 21 rusak sedang dengan anggaran Rp 600.000.000,- (enam ratus juta rupiah);
4. Desa Welado, jumlah penerima bantuan sebanyak 40 KK yang kesemuanya kategori rumah rusak berat dengan anggaran 600.000.000,- (enam ratus juta rupiah).

Pelaksanaan BSPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman yang mengamanatkan, bahwa Negara bertanggung jawab melindungi segenap bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau di dalam perumahan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan diseluruh wilayah Indonesia serta menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 13/PRT/M/2016 Tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. dalam sambutannya mengatakan, bahwa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat.

” Pemenuhan rumah yang sehat dan layak huni harus terus dipacu, oleh sebab itu, pemerintah terus menerus memberikan bantuan kepada masyarakat agar mampu membangun atau meningkatkan kualitas rumah secara swadaya sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman,” kata Bupati Bone

Bupati Bone berharap kepada seluruh warga yang mendapatkan bantuan benar-benar digunakan pada tempatnya agar dapat dirasakan mamfaatnya. ” Bantuan ini merupakan wujud nyata keberpihakan Pemerintah dalam meningkatkan kualitas permukiman rakyat khususnya masyarakat miskin,” kata Bupati Bone.

Acara penyerahan bantuan tersebut dihadiri beberapa pejabat SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone, Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, para penerima bantuan, dan tamu lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *