=
Home / Berita / Upacara Peringatan HUT Ke-72 RI Tahun 2017 di Kabupaten Bone

Upacara Peringatan HUT Ke-72 RI Tahun 2017 di Kabupaten Bone

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Bone dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone, Kamis 17 Agustus 2017. Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si.

Ribuan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari Pasukan TNI, POLRI, SATPOL PP, ASN, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, PMR dan Pramuka.

Ratusan undangan juga terlihat antara lain Pimpinan dan Anggota DPRD, Pimpinan Forkompinda, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Pejabat eselon, Para Veteran, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Tokoh Masyarakat. Di luar lapangan juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib. Sebagian warga menyaksikan jalannya upacara di area Taman Arung Palakka yang bersebelahan dengan Lapangan Merdeka Watampone.

Adapun tema nasional Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 yaitu ”Indonesia Kerja Bersama”. Untuk Tingkat Kabupaten Bone mengambil tema “Ayo Terus Kerja Bersama Mewujudkan Masyarakat Bone yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera.

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si.selaku inspektur upacara membacakan pidato seragam Gubernur Sulawesi Selatan, mengatakan ” … Gotong royong adalah akar kebudayaan kita dan merupakan wujud harmoni kebersamaan yang selama ini menjadi perekat kohesi sosial paling efektif tanpa memandang suku, agama, ras, dan antar golongan,”

” … Tantangan yang kita hadapi saat ini bukan hanya persoalan politik dan ekonomi, namun kita dihadapkan pada tantangan mengelola kemajemukan yang sudah menjadi kodrat keberadaan bangsa Indonesia. Kemajemukan dapat menjadi kekuatan maha dahsyat jika kita mampu menjaganya dengan baik, namun akan menjadi bencana jika kita salah menyikapinya, …”.

” … Saya yakin dengan kebersamaan yang telah kita bangun dan kita jaga selama ini dan akan terus kita lanjutkan untuk mewujudkan visi Provinsi Sulawesi Selatan menjadi ” Pilar Utama Pembangunan Nasional dan Simpul Jejaring Akselerasi Kesejahteraan pada tahun 2018 “.

” Dirgahayu Republik Indonesia “. Demikian antara lain pidato seragam Gubernur Sulawesi Selatan Dr.H.Syahrul Yasin Limpo,S.H.,M.H.,M.Si. yang dibacakan oleh Bupati Bone.

Upacara yang berlangsung hidmat dan tertib itu, diakhiri acara atraksi memukau dari jajaran TNI/Polri/Satpol PP/ serta drama kolosal peristiwa Rumpa’na Bone tahun 1905 di mana mengisahkan perjuangan Raja Bone Ke-31 Lapawawoi Karaeng Sigeri bersama laskarnya dalam melawan tentara Belanda. Perjuangan Raja Bone Lapawawoi Karaeng Sigeri itu mendapat kehormatan dari Pemerintah Republik Indonesia sebagai Pahlawan Nasional.

Upacara peringatan HUT Ke-72 RI Tahun 2017 juga dilaksanakan diseluruh kantor Instansi Pemerintah/BUMN/BUMD/ Kecamatan di Kabupaten Bone.  Sebelumnya, pukul 07.30 Wita, kegiatan yang sama dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Bone dan yang bertindak selaku Inspektur Upacara Sekda Bone H.A.Surya Darma,S.E.,M.Si. dengan peserta upacara seluruh ASN yang berkantor di Lingkungan Kantor Bupati Bone.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK DI SINI