=
Home / Berita / Upacara Peringatan HKN dan Bela Negara di Kabupaten Bone

Upacara Peringatan HKN dan Bela Negara di Kabupaten Bone

Upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan upacara Bela Negara ke-69 berlangsung di lapangan Merdeka Watampone, Selasa 19 Desember 2017.

Peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (forkopimda), Pejabat SKPD/OPD, dan Aparatur Sipil Negara lainnya.

Kapolres Bone AKBP Kadarislam Kasim,S.I.K.,S.H,M.Si. Selaku Inspektur upacara Membacakan Pidato Serentak Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Bela Negara.

“Upacara hari kesadaran Nasional ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran aparatur yang bekerja di pemerintah,” ujar Kapolres mengawali sambutannya.

Memperingati hari bela Negara yangg k-69 tahun 2017 sengaja disatukan pada peringatan hari kesadaran nasional.

Dikatakannya, Sejarah mencatat bahwa bila bela Nagara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata saja.

“Tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi,” ungkapnya

Selanjutnya, Amanat Presiden RI, Joko Wododo yang dibacakan oleh Kapolres Bone, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara di era ketergantungan terhadap teknologi informasi.

“Intinya, Presiden mengajak semua lapisan masyarakat memiliki kecintaan akan Bangsa dan Negara dengan perwujudan yang lebih nyata. Apa lagi saat ini, tantangan dan ancaman kebangsaan sangatlah rentan,” kata Kapolres .

Lebih lanjut, Kapolres Bone mengatakan, pihaknya kini tengah mempersiapkan gelaran Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru. Operasi ini bertujuan untuk mengantisipasi aksi terorisme dan konflik yang berbau keagamaan.

“Operasi ini akan kita mulai pada tanggal 24 Desember hingga 2 Januari mendatang. Operasi ini rutin kita lakukan tiap tahun serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Melalui kesempatan itu, Kapolres Bone mengajak seluruh masyarakat Bone untuk menjaga stabilitas daerah dengan menjalin sinergitas dan kerja sama yang baik demi kebaikan kita bersama.

Upacara berlangsung hidmat, di mana lapangan upacara berlatar belakang Patung Arung Palakka seolah turut menyaksikan anak bangsa dan berkata Anakku Perjuangan Belum Selesai, Lanjutkan Perjuangan Kami