=
Home / Berita / Tim Verfikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Tingkat Pusat Akan Mengunjungi Kabupaten Bone

Tim Verfikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Tingkat Pusat Akan Mengunjungi Kabupaten Bone

Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Tingkat Pusat Tahun 2017 akan mengunjungi Kabupaten Bone. Tim ini akan memverifikasi Kabupaten Bone, terkait penerapan program Kabupaten Sehat di daerah ini.

Berdasarkan Tim verfikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) kerja sama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI menyatakan Kabupaten Bone dinyatakan Lolos Verifikasi Bedah Dokumen Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2017.

Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari pusat tersebut, akan menyambangi, sekaligus mengecek langsung ke lapangan sejumlah wilayah di Kabupaten Bone berkisar Agustus s.d. Oktober 2017 mendatang.

Rencana Kunjungan Tim verfikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Pusat ke Kabupaten Bone berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 440/3821/SJ/2017 Tanggal 24 Agustus 2017 Perihal Kunjungan Lapangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Pusat Tahun 2017.

Selanjutnya, Sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor :HK.01.07/Menkes/273/2017 Tentang Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Pusat Tahun 2017 yang anggotanya berasal dari kementerian/lembaga akan melakukan kunjungan lapangan kepada kabupaten/kota yang telah dinyatakan lolos verifikasi bedah dokumen pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2017.

Bagi Kabupaten/Kota yang dinyatakan lolos pada rangkaian verifikasi dan penilaian KKS dari Tingkat Pusat akan diberikan penghargaan Swasti Saba dari Pemerintah Pusat.
Penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan dua tahun sekali yang terdiri dari tiga tingkatan antara lain : Swasti Saba yaitu tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda), dan pengembangan (wistara).

Menurut informasi dari Forum Kabupaten Bone Sehat Ibu Hj.Samsidar, bahwa Tahun 2017 ini sebanyak 24 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang lolos verifikasi bedah dokumen KKS salah satunya adalah Kabupaten Bone.

Tahun 2015 lalu Bone meraih Swasti Saba Padapa (pemantapan). Untuk tahun 2017 Pemkab Bone menargetkan Sawasti Saba Wiwerda (pembinaan). “Alhamdulillah, tahun ini kita sudah lolos verifikasi dokumen, kita tunggu hasilnya setelah tim dari pusat melakukan kunjungan lapangan,”.

Untuk diketahui, Kabupaten/kota sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah – masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota.

Di tingkat kabupaten dimotori oleh Forum Kabupaten Sehat yang menyinergikan pembangunan agar berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.