Jumat , 23 Juni 2017
=
Home / Berita / Tanete Kecamatan Cina dipersiapkan sebagai Kelurahan Bebas Narkoba

Tanete Kecamatan Cina dipersiapkan sebagai Kelurahan Bebas Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone menggelar kegiatan Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan  Narkotika dan Obat/Bahan berbahaya (Narkoba) di Kelurahan Tanete Kecamatan Cina, Jumat 9 Juni 2017.

Kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Cina (Forkopimcam), Tokoh Agama, Pemuka Masyarakat, dan Tokoh Pemuda setempat.

Kepala BNN Kabupaten Bone Muharram Sahude mengatakan, bahwa sosialisasi tersebut bertujuan menyosialisasikan tentang bahaya dan upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat.

Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit dan dapat menimbulkan adiksi atau ketergantungan.

Efek dampak negatif penyalahgunaan narkotika bagi kesehatan manusia tidak sedikit. Pengaruh buruk negatif narkoba terhadap kesehatan penggunanya juga tidak bisa dianggap sepele. olehnya itu, kita semuanya penting untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan penyalahgunaan narkotika ini.

Menurut Muharram Sahude, Tanda gejala kecanduan pemakaian narkoba juga perlu untuk diketahui dan dipahami.  ” Semuanya ini kita lakukan dalam rangka mencegah penggunaan narkoba di kalangan pemuda-pelajar yang mungkin masih saudara kerabat kita sendiri, sehingga nantinya tidak terjerumus lebih jauh pada penyalahgunaan narkotika yang sangat merugikan ini, “ungkapnya.

Pengaruh dan Dampak Penggunaan Narkoba yang merusak kesehatan baik secara fisik maupun kesehatan secara mental psikologis akan sangat besar pengaruhnya pada kehidupan masa depan sang penggunanya itu sendiri.

” Bukannya masa depan yang cerah yang bisa diraih, tetapi masa depan yang kelam akan menghantui para pengguna narkotika yang tidak menghentikan kebiasaan buruknya tersebut,”  jelasnya.

“Insya Allah, kata Muharram, Kelurahan Tanete Kecamatan Cina dipersiapkan sebagai tempat Pencanangan Kelurahan Bebas Narkoba di Kabupaten Bone” tutur Muharram.

Untuk diketahui, berikut ini beberapa dampak pengaruh buruk negatif penyalahgunaan narkotika terhadap kesehatan manusia antara lain adalah sebagai berikut :

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan Fisik

1. Gangguan kesehatan pada system syaraf (neurologis) seperti contohnya : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.

2. Gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti contohnya : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.

3. Gangguan kesehatan pada kulit (dermatologis) seperti contohnya : penanahan (abses), alergi, eksim.

3. Gangguan kesehatan pada paru-paru (pulmoner) seperti contohnya : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.

4. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan pada endokrin, seperti halnya : penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.

5. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).

6. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.

7. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Psikis Mental Emosional

1  Malas serta lamban dalam bekerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah dalam menjalankan pekerjaannya.Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik.

2. Hilangnya rasa kepercayaan diri, menjadi lebih apatis, sering berkhayal, penuh perasaan curiga.Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal yang tidak disadarinya.Sulit untuk berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan depresi.

3. Menyebabkan depresi mental.Akan menjadi cenderung untuk menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan keinginan untuk bunuh diri

4. Menyebabkan melakukan tindak kejahatan, kekerasan dan pengrusakan.

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Lingkungan Kehidupan Sosial Masyarakat :

  1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal.
  2. Merepotkan dan menjadi beban keluarganya itu sendiri.
  3. Pendidikan menjadi terganggu serta masa depan suram dan kelam bila tidak segera dilakukan penanganan pencegahan penyalahgunaan narkoba itu sendiri.Oleh karena itu, Dampak Pengaruh Buruk Narkoba Bagi Kesehatan fisik, psikis, dan sosial adalah saling berhubungan erat satu sama lainnya.Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengonsumsi obat pada waktunya) akibat kecanduan narkoba dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengonsumsi kembali.(AYO, JAUHI NARKOBA, BEBASKAN BUMI ARUNG PALAKKA DARI NARKOBA, JANGAN BIARKAN MASA DEPAN ANAK-ANAK KITA MENJADI SURAM KARENA NARKOBA )