=
Home / Berita / Rapat Teknis Persiapan Verifikasi Lapangan Penilaian KKS Tingkat Nasional 2017

Rapat Teknis Persiapan Verifikasi Lapangan Penilaian KKS Tingkat Nasional 2017

Tim Teknis KKS (Kabupaten Kota Sehat) Kabupaten Bone melaksanakan Rapat Teknis (ratek) di Sekretariat Tim Pembina Bone Sehat (Bappeda Bone) Rabu, 6 September 2017. Rapat tersebut membahas persiapan Verifikasi Lapangan oleh Tim Penilai Provinsi dan Pusat.

Penyelenggaraan Penilaian KKS 2017 Kabupaten Bone berhasil lolos dalam verifikasi/penilaian Bedah Dokumen beberapa hari lalu, karena itu Tim verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari pusat akan mengecek langsung ke lapangan sejumlah titik/locus di Kabupaten Bone.

Kepala Bappeda Bone selaku Wakil Ketua II Tim Pembina KKS Bone Drs.H.Abu Bakar,M.M. menjelaskan bahwa agenda rapat kali ini selain persiapan verifikasi lapangan juga membahas beberapa hal diantaranya membahas rencana kerja KKS tahun 2018-2019, Pemantapan locus, dan jadwal pemantauan/pembinaan  locus.

” Karena itu, tim KKS Bone akan melakukan pendampingan teknis khususnya pada titik/ lokasi penilaian yang akan dikunjungi oleh tim penilai dari provinsi dan pusat, sehingga kita atau seluruh tim  harus melakukan koordinasi untuk menciptakan  sinergitas,” harap Abu Bakar

Terkait persiapan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai KKS Provinsi dan Pusat , Abu Bakar menjelaskan, bahwa penilaian/verifikasi lapangan kabupaten/kota sehat (KKS) meliputi: kawasan sarana dan prasarana umum (wajib), kehidupan masyarakat sehat yang mandiri (wajib), pemukiman, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat.

Lanjut Abu Bakar, ” jadi Ada 6 tatanan yang dibina dalam mewujudkan kabupaten Bone sehat antara lain kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan msyarakat yang sehat dan mandiri, kehutanan sehat, pariwisata sehat, kehidupan sosial yang sehat,” jelasnya.

Oleh karena itu, strategi yang dilakukan untuk mewujudkan Bone menjadi kabupaten/kota sehat yaitu: melibatkan semua potensi yang ada di masyarakat, advokasi terutama pada penentu kebijakan, mengembangkan kegiatan sesuai visi dan misi, meningkatkan koordinasi tim pembina dan forum ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa, mengembangkan informasi dan promosi, meningkatkan potensi ekonomi yang mnjadi kesepakatan masyarakat, menjalin kerja sama dengan forum daerah lainnya.

Kabupaten/kota sehat adalah kondisi kab/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa kegiatan dalam tatanan yang terintegrasi dan disepakati bersama antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kabupaten sehat merupakan program dan kegiatan yang dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat, peran pemerintah adalah memfasilitasi terwujudnya Kabupaten sehat serta memberdayakan forum lembaga masyarakat.

Untuk diketahui Penilaian KKS  Tingkat Nasional tahun 2015 lalu Kabupaten Bone meraih penghargaan Swasti Saba Padapa (Pemantapan). Untuk tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Bone menargetkan Sawasti Saba Wiwerda (Pembinaan).

Penghargaan KKS dari Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan dua tahun sekali yang terdiri dari tiga tingkatan antara lain : Swasti Saba yaitu tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda), dan pengembangan (wistara).