=
Home / Berita / Pencanangan Kampung KB di Dusun Data Desa Polewali Kecamatan Tellu Limpoe

Pencanangan Kampung KB di Dusun Data Desa Polewali Kecamatan Tellu Limpoe

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. meresmikan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Dusun Data, Desa Polewali, Kecamatan Tellu Limpoe, pada Senin 15 Mei 2017. Pencanangan Kampung Keluarga Berencana tersebut bertujuan dalam rangka menekan angka pertumbuhan penduduk dalam setiap tahunnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone Ny.Hj.Kurniarty Andi Fahsar, S.H.,Spec.Not., Perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan  Drs.Abd.Jalaluddin Abdullah,M.M., Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Forkopimcam Tellu Limpoe, para Kepala Desa, dan Pejabat SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bone. Tiba di lokasi, Bupati Bone bangga dan kagum dengan suguhan tari dari murid SD Polewali yang  ikut serta menyemarakkan suasana penyambutan.

Bupati Bone dalam sambutannya, ” Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Bone sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Bacu Kecamatan Tonra pada 12 April 2016 yang lalu, ” Lanjutnya,  Kali ini Tahun 2017, pencangan yang sama dilaksanakan disebuah Dusun Terpencil tepatnya Dusun Data Desa Polewali Kecamatan Tellu Limpoe.,”.

” Kegiatan Pencanangan Kampung KB  merupakan tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air, ” jelas Bupati.

Bupati Bone mengucapkan rasa syukur dan bangganya akan apa yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bone, beragam penghargaan dari Pemerintah Pusat yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemerintahan telah kita raih, semoga dengan penghargaan itu semakin memotivasi untuk mempertahankan dan mengembangkan program-program pemerintah yang inovatif dan kreatif.

Pada kesempatan itu, Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksanannya Pencanangan Kampung Keluarga Berencana di Dusun Data Desa Polewali tersebut. Amanat Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sebagai Dasar Pelaksanaan Program kependudukan dan Keluarga Berencana dan tidak terbatas pada masalah pembangunan keluarga berencana dan keluarga sejahtera saja, namun juga menyangkut masalah pengendalian penduduk, Jelas  Bupati Bone.

Sementara Abd.Jalaluddin Abdullah, menjelaskan, kampung KB merupakan suatu wilayah setingkat RW, Dusun yang memiliki kriteria tertentu, di mana terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pemberdayaan keluarga dengan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Keluarga sebagai masyarakat terkecil, idealnya harus mampu menciptakan situasi dan kondisi yang harmonis, peran orang tua sebagai figur dihadapan anak-anaknya harus mampu memberikan contoh yang baik, berbudi pekerti yang baik dan santun bagi sesama, pungkasnya.