=
Home / Berita / Pemkab Bone Gelar Pelatihan Aplikasi SisKeuDes

Pemkab Bone Gelar Pelatihan Aplikasi SisKeuDes

Guna menciptakan pengelolaan dana desa yang benar, Pemerintah Kabupaten Bone menggelar pelatihan Sistem Informasi Keuangan Desa (SisKeuDes) di Swiss Bel Hotel Makassar, Kamis 26 Oktober 2017.

Pelatihan Sistem Informasi Keuangan Desa yang diikuti operator SisKeuDes dan perangkat desa tersebut dibuka langsung oleh Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si.

Dalam sambutannya Bupati H.Andi Fahsar M.Padjalangi mengatakan, Pelatihan aplikasi SisKeuDes ini sangat penting guna memudahkan pengelolaan keuangan dana desa. Selain itu untuk mewujudkan transparansi pengelolaan dan penggunaan dana desa sesuai peraturan yang berlaku.

“Keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparansi, partisipatif, akuntabel, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran” jelas bupati

Bupati Bone berharap pengelola keuangan di desa mampu memahami aturan dalam pengelolaan keungan desa, oleh karena itu, “ Pengelola keuangan dituntut lebih cermat dan memahami secara detil terhadap pencatatan, laporan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan yang dibuatnya,” jelas bupati Bone.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H.A.Arsyad Lantara, S.H.,M.Si. pelatihan SisKeuDes bertujuan untuk mengawal penggunaan dana desa sesuai dengan tahapannya, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pertanggungjawabannya” terangnya.

Aplikasi SisKeuDes dinilai sangat membantu Pemerintah Desa dalam menyusun kegiatan-kegiatan di desa dalam hal pembangunan dan kegiatan pemberdayaan Masyarakat yang kemudian output dari aplikasi ini berupa laporan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

Aplikasi keuangan desa ini menggunakan database Microsoft Acces sehingga lebih portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun. Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga lebih tepat ditangani secara mudah dengan database acces.

Hadir mendampingi bupati diantaranya Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M., Sekda Bone H.A.Surya Darma, S.E.,M.Si., Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H.A.Arsyad Lantara, S.H.,M.Si. sebagai pelaksana kegiatan.