=
Home / Berita / Jokowi : Kalau Tidak Ada Petani dan Nelayan Kita Mau Makan Apa

Jokowi : Kalau Tidak Ada Petani dan Nelayan Kita Mau Makan Apa

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. Pembukaan ditandai dengan pemukulan tambo.

Presiden bersama rombongan tiba di lokasi acara sekitar pukul 10.28 WIB, Sabtu 6 Mei 2017. Kehadiran presiden disambut dengan lantunan salawat badar. Presiden ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud.

Kegiatan seremonial pembukaan ini dihadiri 38 ribu peserta dari seluruh provinsi dari Aceh hingga Papua. Mereka duduk rapi di bangku tribun stadion dan sebagian di bawah tenda yang dibangun di tengah lapangan.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan dirinya sudah lama menunggu untuk dapat datang diacara Penas KTNA yang mempertemukan nelayan dan petani seluruh Indonesia. Dengan adanya kegiatan tersebut, Jokowi mengaku dapat bertemu langsung dengan para petani dan nelayan.

“Saya sangat senang sekali datang diacara petani dan nelayan,” kata Jokowi dalam sambutannya. Jokowi juga menyampaikan satu nasihat yang sering disampaikan orangtua kepada anak-anaknya. Inti nasihat tersebut yaitu agar menghormati kerja keras nelayan dan petani.

“Dulu kita sering mendengar nasihat kalau tidak ada petani yang bekerja keras kita mau makan apa? Kalau tidak ada nelayan yang bekerja keras kita mau makan ikan apa?” jelas Jokowi.

“Makanya kita harus sayang kepada petani dan sayang kepada nelayan,” lanjutnya.

Setelah memberi sambutan, Jokowi kemudian meresmikan pembukaaan kegiatan yang diikuti nelayan dan petani se-Indonesia ini. Jokowi yang mengenakan kemeja putih dipadu celana hitam memegang dua gagang untuk memukul tambo, yakni sejenis alat musik tabuh yang terbuat dari batang iboh, kulit sapi dan rotan.

“Dengan mengucap bismillahhirrohmanirrohim, Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan ke-15 tahun 2017 pada hari ini saya nyatakan dibuka,” kata Jokowi.

Pelaksanaan PENAS KTNA XV ACEH Pada Tanggal 05 Mei s/d 11 Mei 2017  yang digelar di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh tersebut juga dihadiri seluruh gubernur, bupati/walikota seluruh Indonesia salah satu diantaranya Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.