PERUMAHAN

PDFPrintE-mail

Kebutuhan pokok manusia selain sandang dan pangan. Kondisi perumahan terkait erat dengan aspek ekonomi dan kesehatan. Kepadatan hunian berpengaruh terhadap kesehatan. Peluang terjadinya penularan penyakit semakin tinggi pada ruangan yang jumlah penghuninya padat. Tahun 2014, ada sekitar 0,79 persen rumah tangga dengan luas lantai tidak lebih dari 20 m2. Di Bone, jenis atap yang paling banyak digunakan rumah tangga adalah seng (92,18 persen).

Dalam hal ini, jenis atap tidak secara langsung menunjukkan kondisi ekonomi. Orang yang berkecukupan pun banyak menggunakan atap seng karena bahan inilah yang mudah ditemukan di Bone. Jenis atap paling banyak berikutnya adalah ijuk/rumbia (5,65 persen). Rumah panggung mendominasi rumah tangga di Bone. Kondisi ini ditunjukkan dengan jenis lantai terluas yang dimiliki lebih dari setengah rumah tangga (54 persen) adalah kayu. Demikian pula dengan jenis dinding. Sebanyak 62,03 persen rumah tangga memiliki dinding terluas dari kayu. Dalam hal ini, jenis lantai dan dinding juga tidak secara langsung menunjukkan kondisi ekonomi. Aspek budaya lebih berpengaruh dalam pemilihan jenis lantai dan dinding ini.

Namun dari segi kriteria rumah sehat menurut APHA (American Publik Health Association), rumah dikatakan sehat apabila memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan antara lain konstruksi yang tidak mudah terbakar dan tidak cenderung membuat penghuninya jatuh tergelincir. Menurut kriteria tersebut, rumah panggung dengan dinding dan lantai kayu tidak memenuhi syarat rumah sehat. Setiap rumah tangga diharapkan mampu mengakses air bersih karena air adalah sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan manusia. Untuk kepentingan minum dan memasak, sebagian besar rumah tangga di Bone menggunakan air yang berasal dari sumur terlindung (lebih dari 35 persen).

Sementara rumah tangga yang menggunakan air kemasan bermerk dan isi ulang untuk minum (9,65 persen) lebih banyak dari yang menggunakannya untuk memasak (1,72 persen). Sebaliknya, rumah tangga yang minum dari air leding lebih sedikit dari yang memasak menggunakan air leding. Salah satu syarat rumah sehat adalah pengelolaan pembuangan kotoran manusia harus memenuhi persyaratan kesehatan. Sekitar 72 persen rumah tangga di Bone telah memiliki fasilitas buang air besar baik digunakan oleh rumah tangga itu sendiri, bersama rumah tangga lain atau WC umum. Dari rumah tangga tersebut 89,55 persen telah menggunakan kloset leher angsa.

Share

SELAMAT HARI JADI BONE KE-687

PILIHAN BAHASA

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Dutch English French German Italian Japanese Korean Spanish Swedish Thai Vietnamese

Statistik Pengunjung

  • Content View Hits : 7604689
We have 683 guests online