KESEHATAN

PDFPrintE-mail

Kesehatan merupakan dimensi yang strategis karena masalah kesehatan dapat berdampak luas terhadap kualitas sumber daya manusia. Tolok ukur pembangunan kesehatan dapat dilihat dari sisi supply dan Demand. Sisi supply menggambarkan peran besar pemerintah dalam menyediakan sarana dan prasarana kesehatan. Sementara sisi demand menggambarkan sikap dan kesadaran penduduk dalam meningkatkan derajat kesehatannya.   

Ditinjau dari sisi supply, pada tahun 2014 terdapat 38 Puskesmas di Kabupaten Bone. Setiap kecamatan memiliki paling tidak satu Puskesmas. Terdapat beberapa kecamatan yang telah memiliki dua  Puskesmas, yaitu Kecamatan Kahu, Libureng, Mare,Sibulue, Barebbo, Ponre, Palakka, Awangpone, Tellu Siattinge, Ajangale, dan Dua Boccoe.  Selain  Puskesmas, di kabupaten Bone terdapat 73  Pustu  dan  149 Poskesdes.

Pada sisi demand, terdapat beberapa  aspek yang bisa dilihat. Kesehatan penduduk dapat dianalisis sejak fase awal  kehidupan  manusia di dunia yaitu proses kelahiran. Proses persalinan yang aman dan sehat  penting untuk meminimalkan  resiko kematian ibu dan bayi. Sekitar 76 persen balita di Bone kelahirannya  sudah ditolong oleh tenaga medis (dokter dan bidan).

Salah satu hak bayi adalah  memperoleh Air Susu Ibu (ASI). ASI  merupakan makanan terbaik bagi bayi karena  mengandung zat gizi paling sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Untuk  mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, ASI perlu diberikan secara eksklusif sampai umur 6 bulan dan dapat dilanjutkan sampai umur 2 tahun. Berdasarkan hasil Susenas 2014, 80,92 persen balita di Kabupaten Bone telah mendapatkan ASI eksklusif. Namun, terdapat 6,57 persen balita yang tidak pernah  diberi ASI sama sekali. Kesehatan balita juga  terkait dengan pemberian imunisasi. Imunisasi yang diberikan kepada bayi dapat membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat melindungi bayi dari berbagai  penyakit.

Pada  tahun  2014,sebanyak 91,37 persen balita mendapat imunisasi, walau belum bisa diidentifikasi apakah imunisasi tersebut sudah  lengkap atau belum. Tingkat kesakitan (morbiditas) penduduk secara  kasar  dapat  dilihat melalui keluhan kesehatan yang dialami. Sebesar  24,44 persen penduduk mengalami keluhan kesehatan. Keluhan kesehatan ini antara lain  batuk, panas, pilek, sakit kepala  berulang, dan  keluhan  kesehatan  lain. Sebagian  besar penduduk   mengalami keluhan kesehatan  tidak lebih dari 4 hari.

SUMBER DATA : STATISTIK KABUPATEN BONE TAHUN 2015

Share

SELAMAT HARI JADI BONE KE-687

PILIHAN BAHASA

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Dutch English French German Italian Japanese Korean Spanish Swedish Thai Vietnamese

Statistik Pengunjung

  • Content View Hits : 7604758
We have 711 guests online