Bupati Bone Resmikan P4S Mappesangka Kecamatan Ponre

PDFPrintE-mail

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si. meresmikan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Mappesangka Kecamatan Ponre, Kamis 2 Feberuari 2017. Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti, disaksikan Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Dr. Sarwo Edy, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku,

Hadir pula Ketua DPRD Bone Andi Akbar Yahya, Asisten 1 dan 2, beberapa kepala SKPD, Kabag Sumda Polres Bone Kompol Andi Sammang, Camat Ponre Muh.Ikbal, Kades Mappesangka Andi Rasdi Sumange serta masyarakat tani setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Bone mengatakan, pendirian Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya ini, merupakan upaya dan inovasi yang dilakukan Kepala Desa Mappesangka bersama warganya, ini patut dicontoh oleh desa lain. Menurutnya ini adalah sebagai suatu kemajuan dan momentum yang sangat baik dan terobosan-terobosan seperti ini sangat diharapkan disetiap desa.

"Ini menjadi perhatian pemerintah bagi desa-desa yang ingin maju, tidak terlepas dari kreativitas dan kerja sama yang baik Kepala Desa bersama warganya, inovasi desa sangat menentukan, mereka mempengaruhi kemampuan masyarakatnya untuk merubah pola fikir yang lebih sejahtera ke depan," kata Bupati Bone.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) merupakan lembaga pelatihan pertanian dan perdesaan yang didirikan dan dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok. Diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan atau permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

Selain itu, Pembinaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha, dan jejaring kerja.

Selain itu, guna mendorong pengelola P4S maka pemerintah melakukan kegiatan klasifikasi P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas yang ada di desa.

Selain meresmikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Bupati Bone menyerahkan juga bantuan bibit mangga dan bibit ayam kampung, selanjutnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Babul Salam, Dekko, Desa Mappesangka Kecamatan Ponre.

(Dinas Kominfo dan Persandian)

Share

SELAMAT HARI JADI BONE KE-687

PILIHAN BAHASA

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) Dutch English French German Italian Japanese Korean Spanish Swedish Thai Vietnamese

Statistik Pengunjung

  • Content View Hits : 7604544
We have 630 guests online