=
Home / Berita / Disnaker Bone Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Disnaker Bone Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Ratusan pencari kerja (Pecaker) mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Berbasis Masyarakat yang diselenggarakan  Dinas Ketenagakerjaan kabupaten Bone kerja sama Lapas Kelas IIA Watampone. Sebanyak 10 narapidana (Napi) warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Watampone juga bergabung dengan ratusan Pencaker dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan yang digelar Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone tersebut dibuka langsung Bupati Bone Dr. H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. di Gedung UPTD Balai Latihan Kerja Jln. Yos Sudarso Kelurahan Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur, pada Selasa 9 Mei 2017.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, H.A. Alimuddin Massappa menegaskan keikutsertaaan para napi karena memang ada MoU antara Lapas dengan Dinas Ketenagakerjaan. ” Kami harap para napi ini memiliki bekal keterampilan yang bisa dibawa pulang kerumahnya saat bebas nanti,” jelasnya.

Kalapas Watampone, Lukman Amin menegaskan sepuluh orang warga binaannya yang mengikuti pelatihan memang telah hampir berakhir masa hukumannya. “Selama mengikuti pelatihan ini maka kami tugaskan petugas untuk mengawal setiap hari,” ungkapnya.

Ditanya mengenai rawannya napi melarikan diri, Kalapas menegaskan pihaknya optimis hal tersebut tidak akan terjadi. “Insya Allah tidak, apalagi warga binaan kami ini memang sudah dalam proses asimilasi,” ungkapnya.

Salah seorang napi yang mengikuti pelatihan, Daeng Haya mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan keterampilan. “Saya ambil jurusan otomotif, biar bisa perbaiki motor setelah keluar dari sini,” tutur pria yang divonis delapan tahun penjara dan masa hukuman tersisa setahun lebih ini.