=
Home / Berita / Bupati Bone Membuka Ekspose Data Statistik Tahun 2017

Bupati Bone Membuka Ekspose Data Statistik Tahun 2017

Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. membuka Ekspose Data Statistik Tahun 2017 di Hotel Novena Watampone, Kamis 12 Oktober 2017. Ekspose Data Statistik ini digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone kerja sama Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone.

BPS Kabupaten Bone menghadirkan seluruh SKPD, Perbankan, dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Bone utamanya SKPD yang erat kaitannya dengan pemanfaatan dan optimalisasi data statistik, diantaranya Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Dinas Ketenagakerjaan, Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan serta SKPD lainnya.

Kepala BPS Kabupaten Bone Ir.H.Muh.Yunus dalam laporannya mengatakan, bahwa Ekspose Data Statistik ini dilaksanakan sebagai gambaran mengenai hasil penyusunan Bone Dalam Angka Tahun 2017 yang tiap tahun diterbitkan oleh BPS Kabupaten Bone. Kegiatan Ekspose Data Statistik ini juga merupakan rangkaianĀ  peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2017 yang mengangkat tema ” KERJA BERSAMA DENGAN DATA “.

“Tugas kami BPS tertuang dalam Undang undang Nomor 16 tahun 1997. BPS adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen yang dalam tugasnya bertanggung jawab kepada Presiden dengan menggandeng beberapa Kementerian dalam tugas kesehariannya,” jelas H.Muh.Yunus.

Sementara itu, Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si. mengatakan Ekspose Data Statistik ini sangat penting, karena data BPS terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan daerah, karena itu bupati mengharapkan agar data Statistik dari BPS Senantiasa Sinkron dengan data Pemerintah Daerah.

Bupati Bone menginstruksikan kepada seluruh SKPD agar memberi pelayanan optimal kepada Statistik agar kecepatan dan akurasi data di Kabupaten Bone bisa dipertanggungjawabkan.

“untuk validitas dan kesamaan data dapat diwujudkan jika terjalin sinergitas. Jangan malah ada ego sektoral karena itu sangat mengganggu bagi terwujudnya data yang Valid dan akurat,” kata Bupati Bone.

Bupati meminta kepada perbankan melakukan intervensi untuk pergerakan ekonomi di Kabupaten Bone. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bone meningkat meskipun diikuti juga meningkatnya angka inflasi, namun gairah ekonomi di wilayah ini terus bergerak ke trend positif.

Bupati Bone juga mengharapkan seluruh Perguruan Tinggi di Kabupaten Bone agar turut berpartisipasi memberikan sumbang saran khususnya kerja sama di pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kemasyarakat.

“Keterlibatan Perguruan Tinggi sangat penting guna lebih meningkatkan kemampuan segala potensi SDM dan SDA di daerah yang ada secara optimal guna menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di Kabupaten Bone,” harap bupati.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone Drs.Andi Amran,M.Si. selaku mitra BPS mengatakan, bahwa pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone terdapat satu bidang dengan nomenklatur Bidang Statistik, oleh sebab itu Dinas Kominfo dan Persandian sangat erat hubungannya dengan BPS.

Keterkaitan teknologi dangan data tidak dapat dipisahkan, teknologi juga punya peran penting dalam proses pengolahan data. Dengan memanfaatkan teknologi penginputan data berbasi web bisa berlangsung dengan cepat dengan tingkat akurasi tinggi.

” Bone Dalam Angka Tahun 2017 serta semua distribusi data dan statistik di Kabupaten Bone semua bersumber dari BPS Kabupaten Bone dan kini sudah bisa diakses melalui jaringan data berbasis web, Insya Allah ke depannya kita akan tingkatkan lagi,” kata Andi Amran.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan kecepatan dan akurasi data yang bisa diakses publik, Andi Amran mengharapkan seluruh OPD di Kabupaten Bone memamfaatkan fasilitas website sehingga data yang dimiliki setiap SKPD dapat dibuka secara online.

Untuk kepentingan dan pelaksanaan e-government di Kabupaten Bone , kami di Dinas Kominfo dan Persandian saat ini menyusun regulasi Perbup yang mengatur Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Bone.

“Regulasi ini penting sebagai dasar untuk membuat perencanaan dan pengembangan Informasi dan Komunikasi khususnya menuju Bone Smart City guna memberikan layanan informasi data yang cepat dan akurat kepada masyarakat dan para stakeholder,” jelas Andi Amran.

“Alhamdulillah, sudah ada beberapa SKPD yang sudah memiliki layanan online dalam bentuk website dengan menggunakan satu domain induk www.bone.go.id dan pihak kami telah memberikan dukungan teknologi termasuk melatih para adaministartor web masing-masing SKPD dengan cara face to face agar lebih cepat dan efisien,” ujar Andi Amran.