Selasa , 22 Agustus 2017
=
Home / Berita / Bupati Bone Kukuhkan BUNDA PAUD

Bupati Bone Kukuhkan BUNDA PAUD

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si.mengukuhkan BUNDA PAUD Kabupaten dan BUNDA PAUD Kecamatan se-Kabupaten Bone, Jumat 11 Agustus 2017 di Gedung Latea Riduni Jalan Petta Ponggawae No.1 Watampone.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan selempang kepada Ny. Kurniaty Fahsar selaku BUNDA PAUD KABUPATEN yang disaksikan  BUNDA PAUD KECAMATAN yang terdiri dari 27 Ibu Camat.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle,M.M., Kapolres Bone AKBP Muh. Kadarislam Kasim. S.H., S.I.K., M.Si,Dandim 1407 Bone Letkol Inf.Bobbie T,  Komandan Brimob Den C Kompol Safari, Ketua DPRD Bone Drs. A. Akbar Yahya. MM. pimpinan SKPD, serta Camat se-Kabupaten Bone.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan BUNDA PAUD merupakan wahana sekaligus upaya pembinaan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilaksanakan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

” Menyadari akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, maka kerja sama semua pihak perlu dibangun dan dikembangkan termasuk Bunda PAUD. Masyarakat juga diharapkan dapat berperan langsung sebagai sumber, pelaksana dan pengguna hasil pendidikan,” jelas bupati

Dikatakan, pendidikan awal masa pertumbuhan anak sangatlah penting. Masa itu adalah masa-masa di mana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak mulai terbentuk.

“Saya ingin mengingatkan kita semua, terutama kepada orang tua bahwa Pendidikan Anak Usia Dini bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi orang tua dan masyarakat juga harus bersama-sama berperan aktif menyukseskan Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan perannya masing-masing,” tegas bupati.

Bupati berharap Bunda PAUD sebagai mitra pemerintah diharapkan peran sertanya untuk menyiapkan generasi bangsa yang sehat, cerdas berkualitas, kreatif dan inovatif dalam membangun generasi emas di masa datang.

Untuk diketahui BUNDA PAUD adalah simbol dan sekaligus mitra utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral disetiap jenjang pemerintahan mulai dari desa sampai tingkat nasional. Oleh karena itu keberadaan BUNDA PAUD dapat memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

BUNDA PAUD NASIONAL dalam hal ini Ibu Negara, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Indonesia dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan pelaksanaan PAUD secara Nasional

BUNDA PAUD PROVINSI, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD di tingkat provinsi dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan penggerak pelaksanaan PAUD di tingkat provinsi

BUNDA PAUD KABUPATEN/KOTA, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD di tingkat kabupaten/kota dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan penggerak pelaksanaan PAUD di tingkat kabupaten/kota.

BUNDA PAUD KECAMATAN, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD di tingkat kabupaten/kota dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan penggerak pelaksanaan PAUD di tingkat kecamatan.

BUNDA PAUD DESA/KELURAHAN, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD di tingkat kabupaten/kota dengan memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi, dan penggerak pelaksanaan PAUD di tingkat desa/kelurahan.

Adapun Tugas Pokok dan Fungsi BUNDA PAUD, antara lain :
1. Menyosialisasikan dan memotivasi para Pengelola/Guru PAUD, Masyarakat Perorangan atau Kelompok dan Oran tua akan arti penting Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
2. Mengajak para stakeholder seperti Pengusaha, BUMN, Unsur PKK Kecamatan Desa/Kelurahan dan Dusun Peduli PAUD dengan memberikan dukungan dalam bentuk CSR, program yang menyangkut PAUD yang Holistik Integratif.
3. Memediasi Program Organisasi Mitra dengan Pemerintah Daerah dan Pusat.
4. Mendukung Program Pemerintah Pusat, Propinsi dan Daerah didalam mewujudkan 1 Desa 1 PAUD dengan Tolok Ukur Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD.

Oleh karena itu, Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi diakhir sambutannya mengatakan BUNDA PAUD yang dibentuk ini memiliki peran sangat penting  bekerja  untuk  menumbuhkembangkan setiap bibit anak-anak Indonesia untuk menjadi  anak-anak yang hebat di masa depan dengan tidak mengesampingkan pendidikan mental spritual, karena itu sejak awal anak-anak kita harus diisi dengan pendidkan agama.

Buka Foto Selengkapnya di SINI