Selasa , 25 Juli 2017
=
Home / Berita / Agus Surya Bakti Dianugerahi Gelar Adat Bone ” Lapasampoi Daeng Maggangka “

Agus Surya Bakti Dianugerahi Gelar Adat Bone ” Lapasampoi Daeng Maggangka “

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti dianugerahi gelar adat Bugis Bone dengan julukan “Lapasampoi Daeng Maggangka “. Gelar adat itu diberikan oleh Lembaga Adat Bone di Museum Arajangnge (Museum Arung Palakka) yang terletak di Kompleks Rujab Bupati Bone.

Ketika  memasuki Museum Arung Palakka untuk melihat langsung koleksi pusaka Kerajaan Bone, Pak Agus Surya Bakti disambut dengan prosesi  Adat dari para Bissu dengan “Osong Pattuppu” yaitu semacam ungkapan syair  saat menjemput tamu.

Selanjutnya, di dalam museum disaksikan Bupati Bone H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Pangdam diberi gelar adat Bone dengan nama “Lapasampoi Daeng Maggangka” dari Lembaga Adat Bone.

Ketua Lembaga Adat Bone H.Andi Baso Hamid menjelaskan, bahwa Lapasampoi Daeng Maggangka bermakna “Memayungi dan Mengayomi serta Setia Hingga Akhir “.

Selanjutnya, Pangdam Agus Surya Bakti Lapasampoi Daeng Maggangka mendapat penjelasan langsung dari Bupati Bone tentang benda pusaka kerajaan peninggalan Arung Palakka yang ada di Museum.

Dalam kunjungannya di Bumi Arung Palakka, Pangdam ditemani isterinya Bella Safira dan bergabung bersama masyarakat Bone yang sedang melaksanakan zikir dan doa bersama di Lapangan Merdeka Watampone, Rabu 21 Juni 2017.

“Saya mengucapkan terima kasih bisa menjadi warga kehormatan masyarakat Bone, sudah lama saya mengidam-idamkan dipanggil Daeng,” kata Mayjen TNI Surya Bakti di depan jamaah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bone yang senantiasa menjaga keamanan dan bersinergi bersama TNI,” ucapnya menambahkan.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Bone H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi bersama unsur Forkopimda Bone, Balon Gubernur Sulsel H.Nurdin Halid, unsur TNI/Polri, Wakil Bupati Bone, Ketua DPRD Bone, Pejabat OPD Lingkup Pemkab Bone, Tokoh Agama, dan tamu lainnya.